Warning: fopen(http://www.actionforex.com/option,com_rd_rss/id,3/) [function.fopen]: failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 404 Component not found in /usr/home/interpan/www/classes/RSSFeed.class.php on line 33

Warning: fread() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /usr/home/interpan/www/classes/RSSFeed.class.php on line 34
PT Inter Pan Pasifik Futures

Index News


- Sebanyak 30 nasabah warga Jakarta tertipu investasi emas bodong yang dilakukan PT Graha Arta Mas Abadi (GAMA), yang terletak di Kawasan Sentra Bisnis Ruko Mal Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Diperkirakan emas yang berhasil digondol dari seluruh nasabah mencapai 900 kilo gram. (Tempo)

MM, 40 tahun, salah satu korban penipuan investasi emas tersebut mengatakan, pertama kali ikut bergabung dalam bisnis itu berasal dari informasi rekannya yang mengaku telah berhasil dengan imbalan bagi hasil cukup menarik. "Kami dijanjikan imbalan sebesar 2 persen dari setiap modal yang disertakan," ujarnya, Rabu, 27 Maret 2013.

Awalnya, pembagian hasil selama dua bulan pertama berjalan lancar sebesar Rp 1.4 juta dari modal yang disertakan sebesar Rp 70 juta Desember tahun lalu, namun memasuki bulan ketiga, jatah imbalan yang dijanjikan mulai tersendat.

"Memang ada sebagian nasabah yang sudah terima (imbalannya), namun tidak sedikit yang belum terima sampai sekarang," kata dia. "Kami sudah konfirmasi ke perusahaan itu, katanya lagi diproses, tapi sampai sekarang belum juga dibayar,".

L, 30 tahun, korban lainnya menyatakan hingga kini banyak dana nasabah belum dibayarkan pihak perusahaan, padahal kesepakatan yang diberikan telah jatuh tempo pada 16 Maret lalu. "Saya dengar-dengar ada 900 kilogram emas yang diambil mereka," ujarnya.

Warga Tanah Abang, Jakarta Pusat ini mengakui telah berinvestasi selama 8 bulan terakhir sebanyak 600 gram atau senilai Rp 419 juta, sementara imbalan hasil yang dijanjikan mencapai 2.5 persen setiap bulan. "Kerugian keseluruhan saya belum tau pasti, saya berharap pihak perusahaan dapat mengembalikan uang nasabah, paling tidak modal kami," kata dia.

MM menambahkan, hingga kini tak kurang dari 30 nasabah telah melaporkan kasus penipuan tersebut ke pihak kepolisian sektor Kelapa Gading, diprediksi jumlah nasabah mencapai ratusan orang dengan kerugian mencapai triliunan rupiah.

"Biasanya pembayarannya lancar melalui transfer rekening, namun sekarang macet bahkan kantornya sudah disegel polisi," ujar warga yang tinggal di Matraman, Jakarta Timur itu.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Muhammad Iqbal saat dimintai penjelasanya mengatakan hingga kini lembaganya masih mendalami dan menyelidiki ihwal puluhan warga tersebut. "Kami masih menyelidiki laporan tersebut," ujarnya singkat tadi malam.


- Pasar di Asia dalam perdagangan Selasa (26/3) mulai merangkak naik setelah minggu lalu mengalami penurunan terburuk dalam tujuh bulan terakhir. Persetujuan penyelamatan Cyprus dan laba China Petroleum & Chemical Corp yang membakar optimisme para investor. (Bloomberg)

Indeks MSCI Pacific naik 0.9% untuk menjadi 135.45 pada pukul 7:20 waktu Tokyo. “Pasar mulai berasumsi kasus-kasus mini yang bermunculan di Eropa akan selalu ditemukan jalan keluarnya,” tutur Stephen Halmarick Colonial First State Global Asset Management yang berbasis di Sydney. “Ini kabar bagus,” tambahnya.

Cyprus memang akan menjadi negara ke-5 yang diselamatkan setelah krisis Eropa di Yunani mulai menyeruak tahun 2009.

Indeks Nikkei 225 naik 1.7% dengan kenaikan tertinggi sejak September 2008. Sementara Australia indeks S&P/ASX 200 naik 0.5%, sementara indeks Kospi di bursa Korea Selatan naik 1.5%. Sementara indeks Hang Seng Hong Kong naik 0.6% dan China Shanghai Composite hanya bergerak sedikit.


- Uni Eropa sudah mencapai kesepakatan untuk penyelamatan ekonomi negara anggotanya di detik-detik terakhir. Jelang deadline bailout Siprus, gabungan tim Troika dan Siprus sudah menyetujui rencana bailout senilai 10 miliar Euro beserta persyaratannya. (Reuters)

Mereka akan menjadikan bank terbesar ke-2 di Siprus, Laiki, sebagai "bad bank" dan menutupnya. Sementara simpanan nasabah di bawah 100.000 Euro tetap aman tanpa terkena tarif pajak. Namun, simpanan dengan nilai di atas itu yang menurut aturan Uni Eropa tak mendapat jaminan dan akan menanggung beban besar.

Berikut 8 hal pokok yang diungkapkan dalam pernyataan para menteri keuangan zona Eropa:

1. Laiki akan segera diselesaikan dengan kontribusi penuh dari pemegang saham, pemegang obligasi, dan deposan yang dananya tidak dijamin. Penyelesaian ini diambil berdasarkan keputusan bank sentral Siprus dengan menggunakan aturan baru dari "Bank Resolution Framework".

2. Laiki akan dipecah menjadi "good bank" dan "bad bank". Bad bank nantinya akan ditutup.

3. Good bank atau aset-aset Laiki yang masih bagus akan diserahkan ke Bank of Cyprus, bank terbesar di Siprus. Ini dilakukan setelah mendengarkan persetujuan dewan direksi BoC dan Laiki. Transfer tersebut mencakup bantuan likuiditas darurat (ELA) senilai 9 miliar Euro. Dana nasabah Laiki yang tak dijamin yang akan dibekukan sampai rekapitalisasi membuahkan hasil. Apa yang akan dilakukan pada dana itu juga tergantung pada kondisinya nanti.

4. Dewan pelaksana ECB akan menyediakan likuiditas kepada BoC sesuai dengan aturan yang berlaku.

5. BoC akan direkapitalisasi melalui konversi simpanan/ekuitas dari dana nasabah yang tidak dijamin, ditambah kontribusi penuh dari para pemegang saham dan pemegang obligasi.

6. Konversi tersebut akan terus dilakukan sampai rasio modal senilai 9% tercapai di akhir program.

7. Semua dana simpanan nasabah yang dijamin di bank-bank Siprus akan dilindungi sesuai dengan legislasi Uni Eropa yang bersangkutan.

8. Dana bailout 10 miliar Euro tidak akan digunakan untuk merekapitalisasi Laiki dan Bank of Cyprus.


- Bursa saham Asia mengalami penguatan pada sesi perdagangan pagi hari Senin ini. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan bahwa pada pukul 09:49 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0.5% menjadi 135.02. Kenaikan bursa saham Asia ini didukung oleh 10 sektor yang berada di zona hijau.

Saham-saham eksportir Jepang diburu pasar seperti saham Toyota Motor Corp yang bertambah 1% seiring pelemahan Yen terhadap Dollar AS. Selain itu, ada juga saham Leighton Holdings Ltd yang melejit 5% setelah perusahaan konstruksi terbesar Australia ini menunjuk Bob Humphris sebagai direktur.

Adapun isu terbesar yang mendongkrak kinerja bursa saham Asia pagi ini adalah kesepakatan antara Siprus dan pemimpin Uni Eropa terkait persyaratan penerimaan bailout.

"Pelaku pasar mulai berasumsi bahwa setiap ada krisis kecil yang datang dari Eropa, resolusi pasti akan ditemukan. Ini merupakan kabar baik," ujar Stephen Halmarick, head of investment markets research Colonial First State Global Asset Management.

Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1.3%, indeks S&P/ASX 200 Australia meningkat 0.7%, dan indeks Kospi Korea Selatan bertambah 1.5%.

 





Copyright Inter Pan Pasifik Futures 2008